Cara Bikin AC (Air Conditioner) Dari Box Es, Mudah Caranya

SEBIDUK - Ini cara gampang untuk bikin Air Conditioner (AC) dengan mudah cobalah ikuti beberapa langkah berikut maka ruangan Anda akan segera dingin kurun waktu singkat dan murah. Satu langkah hemat listrik dengan Ac bikinan sendiri 



Bahan-bahan yang diperlukan : 

  • Box es 
  • 4-inch Pipa siku PVC kipas angin kecil 
  • Baterai 12V atau 15-watt panel surya 


1. Siap, mengatur, mengukur 

Mulai Pengukuran 

Kunci keberhasilan dalam bikin AC DIY Anda yaitu untuk memastikan bahwa semua pengukuran yang benar. Benar menyesuaikan pipa dan Box es.

2. Memasang sudut-sudut 

Melakukan pengukuran 

Selanjutnya yaitu untuk mengukur dimensi dari kipas angin listrik dengan menelusuri kepala dengan pensil atau pena. Langkah yang sama saja harus dikerjakan dengan pipa PVC. Pastikan mengenai pengukuran Anda, lantaran sesudah Anda mulai memotong, tidak ada jalan kembali mengulang bila salah. 

3. Dua lubang kecil, 

Lubang 

Sesudah Anda tuntas mengukur kipas serta pipa PVC, memakai bor untuk memotong lubang kedalam box es, gunakan cutter untuk ini. 

4. pastikan tidak ada bocor atau resapan 


Saat ini Anda bisa mulai menginstal pipa PVC dan kipas angin listrik kedalam box es. Bila Anda lakukan pengukuran benar, mereka mesti sesuai sama benar dengan sedikit kesulitan. Jika ada lubang dimana dingin dapat bocor meresap, Anda bisa memakai epoxy atau lem apa pun untuk mengisi kekosongan atau bocor tadi. 

5. Waktu untuk menghubungkan 

Terhubung ke baterai/PLN 


Sesudah Anda selesai, Anda bisa menghubungkan AC DIY untuk baterai 12-volt menggunakan klem. Prinsip yang sama berlaku bila Anda menggunakan 15-watt panel surya. 

6. Es batu 

Tempatkan Es sewajarnya 


Sekarang, meletakkan balok es didalam box. Meskipun Anda dapat juga meletakkan es batu atau es yang dihancurkan disana, lempengan besar air yang solid hanya tidak meleleh dengan mudah. Dengan hal tersebut, yang begitu besar ini bisa berjalan selama lima jam. 

Di bawah ini yaitu hasil AC bikinan sendiri : 

Untuk video lengkap mengenai bagaimana bikin AC Anda bisa melihat di bawah ini klip caranya


Subscribe to receive free email updates: